PerpusHukum Network

Home » Journal » Status Clear and Clean dan Sertifikat Clear and Clean

Status Clear and Clean dan Sertifikat Clear and Clean

RegulationsUntuk melaksanakan ketentuan Pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2010 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, Pemerintah menetapkan Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor: 02 Tahun 2013 Tentang Pengawasan Terhadap Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Yang Dilaksanakan Oleh Pemerintah Provinsi Dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Definisi:

  • Usaha Pertambangan adalah kegiatan dalam rangka pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi tahapan kegiatan penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konnstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta pascatambang.
  • Wilayah Usaha Pertambangan (WUP), adalah bagian dari WP yang telah memiliki ketersediaan data, potensi, dan/atau informasi geologi.
  • Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) adalah wilayah yang diberikan kepada pemegang Izin Usaha Pertambangan
  • Izin Usaha Pertambangan, yang selanjutnya disingkat IUP, adalah izin untuk melaksanakan usaha pertambangan.

Rauang Lingkup Pengawasan

Menteri melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pengelolaan usaha pertambangan yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya. Pengawasan yang dilakukan meliputi pengawasan terhadap:

  1. penetapan WPR;
  2. penetapan dan pemberian WIUP mineral bukan logam dan WIUP batuan;
  3. pemberian WIUP mineral logam dan WIUP batubara;
  4. penerbitan IPR;
  5. penerbitan IUP; dan
  6. penyelenggaraan pembinaan dan perigawasan kegiatan yang dilakukan oleh pemegang IPR dan IUP.

Pelaksanaan pengawasan dilakukan oleh Direktur Jenderal yang  dalam pelaksanaanya dapat berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan/atau instansi terkait lainnya.

Tindak Lanjut Hasil Penga Wasan

Hasil pengawasan yang dilakukan oleh Direktur Jenderal disampaikan kepada gubernur atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya dan tembusannya disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri dan/atau instansi terkait. Atas hasil pengawasan tersebut Gubernur atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya wajib menindaklanjuti hasil pengawasan

Direktur Jenderal bersama Kementerian Dalam Negeri dan/atau instansi terkait melakukan pemantauan atas pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku:

Pengawasan yang telah dilakukan Direktur Jenderal melalui evaluasi dan verifikasi dalam rekonsiliasi IUP dan IPR secara nasional terhadap penerbitan perizinan dalam bentuk:

  1. Kuasa Pertambangan, Surat Izin Pertambangan Daerah dan Surat Izin Pertambangan Rakyat yang diterbitkan sebelum berlakunya Undang-Undahg Nomor 4 Tahun 2009 oleh gubemur dan/atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya termasuk proses penyesuaian menjadi IUP dan IPR;
  2. IUP yang diterbitkan oleh gubemur dan/atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya berdasarkan permohonan Kuasa Pertambangan yang telah diterima oleh gubemur atau bupati/walikota dan telah mendapatkan pencadangan wilayah sebelum terbitnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009,

dinyatakan tetap berlaku.

Hasil pengawasan oleh Direktur Jenderal sebagaimanadimaksud pada huruf a berupa pengumuman status Clear and Clean dan penerbitan sertifikat Clear and Clean dinyatakan tetap berlaku.

Terhadap IUP dan IPR yang masih dalam proses evaluasi dan verifikasi sebagaimana dimaksud pada huruf a untuk mendapatkan status Clear and Clean dan sertifikat Clear and Clean diproses berdasarkan persyaratan administratif, teknis, lingkungan, dan finansial dan sesuai dengan prosedur operasional standar Clear and Clean.

Peraturan Menteri ditetapkan pada tanggal 11 Januari 2013 dan mulai berlaku ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: